<
Back to pcmijogja.com's homepage

ASVI 2016Beyond Knowledge and Friendship

ASVI 2016Beyond Knowledge and Friendship

Shofi Fatihatun Sholihah
ASVI 2016

Pada tanggal 20-29 November 2016 lalu, saya berkesempatan mengikuti program ASEAN-India Students Exchange Program yang juga dikenal sebagai ASEAN Students Visit India (ASVI). Kegiatan ini saya ikuti bersama dengan 24 pemuda-pemudi terbaik dari 23 provinsi se-Indonesia dan seorang national leader dari Kementerian Pemuda dan Olahraga RI.


Program ASVI terselenggara berkat kerjasama antara Center of Indian Industry dan Ministry of External Affairs India dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga negara-negara anggota ASEAN. Sehingga tidak mengherankan ketika berada di sana, kami juga berjumpa dengan pemuda-pemudi dari Brunei Darussalam, Malaysia, Kamboja, Laos, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Untuk tahun 2016, pembagian rombongan dilakukan berdasarkan lokasi kegiatan. Pemuda-pemudi dari Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam berkesempatan mengunjungi empat kota, yaitu: Bangalore, Jaipur, New Delhi, dan Agra. Sementara rombongan kami bersama dengan delegasi dari Brunei Darussalam, Malaysia, Kamboja, Laos mengunjungi Mumbai, Pune, New Delhi, dan Agra. Kemudian semua delegasi ASEAN dipertemukan di New Delhi dan Agra setelah sebelumnya pergi ke dua kota yang berbeda.


Kota-kota yang kami singgahi memiliki karakteristik dan cerita yang unik. Misalnya Mumbai yang menyuguhkan kehidupan metropolis yang bertabur bintang (bahkan hotel kami di Mumbai jaraknya kurang lebih hanya 350 meter dari rumah Shah Rukh Khan). Ataupun Pune yang sejuk dan penuh inovasi, dan di satu sisi, ada New Delhi yang penuh hiruk-pikuk dan memiliki banyak warisan budaya. Tak ketinggalan, saya juga mengunjungi Agra, sebuah kota yang magis dan cantik, tempat Taj Mahal berada.


Kami menjalankan berbagai macam aktivitas menarik seperti company visit ke perusahaan berbasis riset dan teknologi India. Kegiatan ini memberikan kami gambaran bagaimana ilmu pengetahuan, teknologi, etos kerja, dan manajemen yang baik menjadi kunci sukses pembangunan ekonomi India, sehingga dapat diperhitungkan di level global. Di sisi lain, saya juga bisa melihat kekuatan lain masyarakat India yang sangat berbangga dengan produk lokal mereka. Saya dan rombongan seringkali berpapasan dengan kendaraan-kendaraan umum maupun pribadi bermerk lokal India, begitu pula dengan tayangan televisi yang didominasi oleh film dan musik khas negera berjuluk Negeri Anak Benua tersebut. Bahkan, hampir setiap negara bagian memproduksi film dengan menggunakan bahasa lokal setempat. Tidak hanya itu, aktivitas lain berupa educational visit, courtesy call, dan cultural exchange juga memberikan pandangan lebih dalam untuk memahami India dari berbagai aspek.

Saya juga terkesima dengan atmosfer keberagaman di India yang dapat berjalan harmonis. Saat itu kami melakukan kunjungan ke salah satu perusahaan manufaktur di India, JCB Company, dan bertepatan dengan waktu sholat Jumat. Namun untuk menemukan masjid di sekitar perusahaan ternyata sangatlah sulit. Pihak JCB Company pun akhirnya menyediakan sebuah tenda yang cukup menampung 40-50 orang untuk menjalankan sholat Jumat bersama dengan minoritas karyawan perusahaan yang beragama Islam. Menariknya lagi, karyawan yang beragama lain membantu kami untuk mendapatkan air wudhu.


Menjadi bagian dari keluarga ASVI 2016 ini adalah salah satu anugerah bagi saya. Syukur yang tak pernah habis pun terus terucap karena saya sekaligus membawa nama harum Indonesia di negara tujuan program. Saya tidak hanya mendapatkan pengalaman menarik selama berada di sana. Jaringan persahabatan dalam program ini sangatlah kental dan sulit untuk dipisahkan begitu saja walaupun program berjalan singkat.